Ndhada's Blog

Just another WordPress.com weblog

Manfaat Kulit Telur November 22, 2009

Filed under: artikel — ndhada @ 6:02 am

Banyak telur hewan yang bisa di makan, tetapi umumnya hanya telur ayam yang paling banyak dikonsumsi penduduk dunia. Sekalipun ada jenis telur lain yang enak juga disantap seperti telur bebek, telur puyuh, dan telur penyu. Sebagai bahan makanan, telur sangat mudah pengolahannya karena mau diolah secara sederhana oke, diolah secara rumitpun bisa, dimakan mentahpun banyak yang doyan.

Jadilah telur sebagai makanan paling populer, beragam alasan mengapa orang begitu gandrung dengan  telur,  ada yang mengatakan karena telur bergizi tinggi & lezat, mudah  memasaknya, digoreng enak, direbus nikmat,disemur mantap, dibalado yahud, diceplok asyik, dimata sapi cihui , pokoknya sebagai makanan telur termasuk jenis yang cepat diolah.

Bahkan telur merupakan menu utama yang pasti dipilih saat kita kebingungan menentukan masakan yang tepat di hari tertentu, telur juga kerap menyelamatkan kita ketika kita kedatangan tamu mendadak, entah dimasak sebagai lauk teman makan nasi atau untuk dadar gulung–kue basah yang praktis.

Selain disantap dengan cara yang saya sebutkan diatas, ternyata telur memiliki fungsi dari lebih dari sekedar panganan diantaranya adalah:

  1. Sebagai Pengembang , untuk menghasilkan cake yang cantik dibutuhkan telur sebagai pengembangnya.
  2. Sebagai pengental, pernah membuat mayones? Minyak akan semakin kental setelah ditambah telur.
  3. Sebagai perekat, konon candi Borobudur dibuat dengan cara merekatkan batu andesit dengan bantuan putih telur dan dibanyak pekerjaan putih telur bisa menjadi alternatif zat adhesiv.

Masih banyak contoh lainnya dari manfaat telur, bagaimana dengan kulit atau cangkangnya? sudah sering dengarkan karya seni bernilai tinggi berbahan dasar kulit telur? ditangan para pekerja seni yang kreatif cangkang telur dibuat benda seni yang memiliki harga jual mahal , lalu bagaimana dengan kulit telur dirumah wikimuers? pernahkah mencoba mengumpulkannya dalam sebulan saja? kemudian memanfaatkannya bukan dibuat sebagai benda seni tetapi sebagai tepung Karabang.

Apa itu tepung Karabang?

karabang berarti cangkang, cangkang telur mengandung kalsium (ca) sebanyak 98 %, karena itu cangkang telur bisa digunakan untuk meningkatkan kandungan kalsium kompos atau pupuk yang telah wikimuers buat, baik kompos hasil takakura ataupun yang dibuat dalam lubang biopori.

Bagaimana cara membuatnya?
Kumpulkan cangkang telur dalam wadah semacam bakul atau karung kering, setiap anggota keluarga yang hendak memasak telur, kulitnya disisihkan pada tempat tadi, jika sudah terkumpul banyak, dalam sebulan misalnya jemur cangkang telur dalam terik matahari atau di oven sampai kering dan mudah diremas. Remuk atau remas atau tumbuklah cangkang telur hingga halus, saring dengan saringan halus, ambil tepung halusnya. Maka cangkang tadi telah menjadi tepung karabang. Untuk 100 kg kompos bisa ditambahkan 1 % tepung karabang, formula ini sangat mak nyus sebagai media tanam cabai, tomat, timun di polybag.

Adakah manfaat lain dari tepung Karabang ini?

Ada, sebagai penyaring alami dari minyak jelantah, tepung karabang dicampur bleaching earth sejenis pemutih yang (katanya) tidak berbahaya dalam kepekatan yang rendah bisa mengikat kekeruhan minyak jelantah. Cara kerjanya adalah mengaduk campuran tepung Karabang kedalam minyak jelantah , kemudian mengendapkannya, minyak atas yang bening kemudian disaring. Minyak ini bisa dipakai lagi, proses penyaringan ini jauh lebih aman ketimbang menggunakan bahan pemutih minyak jelantah 100%.

Bagaimana dengan saya? saya memakai tepung karabang dan mengaplikasikannya dengan cara menaburkannya langsung di atas tanaman sayur atau tanaman yang membutuhkan kalsium tinggi.

Begitulah wikimuers, manfaat lain dari kulit telur, silahkan mencobanya, hitung-hitung mengurangi volume sampah organik di tong sampah wikimuers, percaya deh, cangkang telur yang kita tumpuk dalam sebulan sekalipun tidak mengundang lalat, semut apalagi kecoa, jadi cukup aman di simpan diruangan terbuka. Saya saja menyimpannya disamping bak cuci piring dan selalu utuh posisinya karena tikuspun tidak menyentuhnya. Semoga berguna.

sumber : Ritapunto

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.